5 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Cocok Untuk Pelajar

Bisnis adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau perusahaan dengan tujuan menghasilkan barang atau jasa untuk dijual kepada pasar atau konsumen dengan tujuan memperoleh keuntungan. Sebagai seorang pelajar, memulai sebuah bisnis sendiri merupakan suatu hal yang sangat bagus untuk pengembangan diri, dan ekonomi

Ada banyak sekali ide bisnis untuk pelajar yang bisa menghasilkan uang tambahan, baik itu bisnis offline maupun bisnis online untuk pelajar, bahkan beberapa bisnis online kadang tidak perlu modal awal yang besar

Sebagai pelajar, kamu mungkin terpikirkan ingin menambah uang jajan dengan jalan mencari pekerjaan atau menjalankan bisnis sendiri. Namun tak jarang pelajar merasa bingung harus memulai bisnis apa karena keterbatasan biaya untuk modal.

Tapi ternyata ada loh bisnis online yang cocok untuk pelajar/mahasiswa tanpa perlu modal besar, yang kamu butuhkan hanya gadget dan koneksi internet yang lancar untuk dapat bekerja dimanapun dan kapanpun itu.

Penasaran? Yuk intip 5 ide bisnis online tanpa modal yang cocok untuk pelajar berikut.

5 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Cocok Untuk Pelajar

Pediaku ID sudah merangkum 5 ide bisnis terbaik untuk kamu yang masih pemula dalam bisnis online, tapi tentu saja kamu tetap membutuhkan device dan koneksi internet untuk melakukan pekerjaannya.

  1. Penulis Online Untuk Website

  2. Kamu seorang pelajar yang punya hobi menulis atau pandai dalam menuli? seperti artikel, majalah ataupun berita. Jika iya, menjadi penulis online adalah pilihan tepat untukmu.

    Permintaan pasar untuk Jasa penulisan online, atau yang sering disebut copy writter saat ini tetap tinggi, terlebih lagi jika kamu memahami penulisan artikel SEO yang akan dihargai lebih tinggi lagi.

    Cara menjadi penulis online, kamu bisa memanfaatkan situs freelancer, mengiklankannya di media sosial dan group-group media sosial, ataupun menawarkan jasa via blog dan mengirim email kepada admin suatu website.

    Selain itu, kamu juga bisa mendaftar menjadi penulis di situs-situs yang sedang membutuhkan. Pasti ada kok!

  3. Mengikuti Program Affiliasi

  4. Rekomendasi bisnis online kedua adalah menjadi affiliate marketting.

    Mungkin kamu sudah pernah mendengar istilah afiliasi, yap, dalam bisnis online ada dikenal istilah affiliasi marketting yaitu seseorang yang bertugas memasarkan suatu produk, dan kamu akan mendapatkan persentase keuntungan apabila ada pelanggan yang membeli produk melalui link yang kamu share.

    Banyak online shop yang membuka program affiliasi ini, seperti Shopee, tiktok shop, tokopedia dan toko-toko online besar lainnya.

    Besar uang yang kamu dapatkan bergantung jenis barang dan berapa banyak barang yang berhasil terjual melalui link kamu.

    Bisinis ini sangat cocok untuk pelajar atau mahasiswa yang aktif di media sosial dan memiliki followers yang lumayan banyak.

  5. Jasa Desain Grafis

  6. Ide bisnis online untuk pelajar tanpa modal selanjutnya adalah menyediakan jasa desain grafis seperti desain logo, spanduk, brosur, ataupun desain vektor.

    Bisnis desain grafis ini banyak sekali diminati oleh kalangan freelance karena pasarnya yang luas dan gajinya yang menggiurkan.

    Ambil contoh, jika kamu punya keahlian mendesain sebuah logo, setiap pesanan biasanya dihargai mulai dari 100K-jutaan, atau kamu juga bisa menaruh logo yang kamu desain di situs website jual beli logo populer yang ada

  7. Jadi Fotografer

  8. Kamu punya hoby memotret? Jika iya menjadi fotografer dan menjual hasil foto yang kamu buat di internet adalah bisnis yang cocok.

    Hasil jepretan kameramu bisa kamu jual diberbagai situs seperti shutterstock, adobe stock ataupun pixabay.

  9. Bisnis Jasa Pembuatan Website

  10. Jika kamu memiliki keahlian dibidang IT seperti mampu membuat website, membuka jasa pembuatan website adalah salah satu pilihan bisnis terbaik untukmu.

    Pasar website tidak akan pernah mati, kebutuhan pasar untuk jasa pebuatannya pun demikian. Banyak orang yang membutuhkan situs seperti portofolio, web bisnis ataupun blog pribadi. Dengan menawarkan jasa pembuatan situs website maka kamu bisa mendapatkan cuan tambahan.

    Bergabunglah di situs-situs freelancer online dan tawarkan jasamu di sana.

Tips Terakhir Bisnis Tanpa Modal Untuk Pelajar

Membuat bisnis sendiri diusia pelajar adalah suatu hal yang sangat bagus dan menguntungkan. Pilihlah bisnis yang kamu minati dan ahli dibidangnya. Namun tetap perhatikan jam belajarmu jangan sampai hanyut di dalam ide bisnis yang ingin dibuat.

Sumber : Ritaelfianis.id

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url